Atur Keuangan Anda dengan Membuat Daftar Pengeluaran Berikut Ini!

Atur Keuangan Anda dengan Membuat Daftar Pengeluaran Berikut Ini!

GeneraL

Mengelola keuangan keluarga sebenarnya gampang-gampang susah bagi para istri. Di satu sisi, wanita tentu sudah terbiasa mengatur pengeluaran sebelum mereka menikah, walaupun sebagian wanita mungkin tak terbiasa. Di sisi lain, perubahan status tentu membuat Anda tak lagi mengatur pengeluaran pribadi, tetapi pengeluaran bersama. Ada poin penting yang harus diperhatikan pastinya, kini Anda tak hanya memikirkan kebutuhan sendiri, namun ada anggota keluarga lainnya. Terlebih bagi para ibu rumah tangga yang tidak bekerja, pastinya sumber pendapatan hanya dari suami.

Besar kecilnya pendapatan suami harus mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam sebulan. Semuanya tergantung dari bagaimana istri dapat mengalokasikan setiap dana dengan bijak. Termasuk membuat daftar pengeluaran terperinci untuk dievaluasi di pertengahan atau akhir bulan. Untuk membantu Anda membuat daftar pengeluaran tersebut, ada beberapa hal yang wajib dipenuhi, seperti:

Atur Keuangan Anda dengan Membuat Daftar Pengeluaran Berikut Ini!

• Langsung catat pengeluaran
Ini sangat penting untuk menghindari lupa setelah mengeluarkan uang tertentu. Sebisa mungkin catat pada sebuah buku khusus yang diketahui pula oleh pasangan. Jika Anda meninggalkan buku tersebut di rumah, gunakan perangkat pembantu lain. Handphone misalnya, Anda bisa membuat catatan pada aplikasi pesan atau kalender. Catat semuanya sampai detail terkecil, jangan biasakan melupakan 1 rupiah pun agar pengeluaran bulanan tak membludak.

• Kumpulkan setiap bon atau kuitansi
Tak perlu malu meminta nota pembayaran dari kasir atau toko tempat Anda berbelanja. Struk tersebut akan memudahkan Anda untuk merinci pengeluaran saat diperlukan. Terutama pengeluaran yang mungkin tidak tercatat pada buku kas. Supaya tidak lupa menaruhnya dimana, pastikan Anda menyelipkannya di buku kas sesegera mungkin. Atau taruhlah pada dompet saat Anda berada di luar rumah.

• Buatlah catatan di buku kas
Desain daftar pengeluaran keluarga sesederhana mungkin di sebuah buku kas atau buku biasa. Anda bisa membuat sebuah tabel yang bisa menampung perincian pengeluaran secara lengkap. Mintalah pasangan untuk membantu membuatnya, agar dia pun bisa menegur Anda ketika salah atau lupa.

• Ajak pasangan untuk bekerjasama
Kadangkala kita membutuhkan pasangan untuk membuat pengeluaran tetap terkendali. Pasangan bisa menjadi pengingat tatkala ada pengeluaran yang dirasa berlebih atau sebaliknya. Cara ini juga dapat melatih kepekaan dalam penggunaan uang bulanan. Biasakan pula pasangan untuk mengumpulkan setiap struk pembayaran. Bukti pembayaran bisa menjadi senjata jika nantinya suami protes dengan pengeluaran yang besar. Dari sini, tentu bisa diketahui alokasi dana mana yang sekiranya terlalu berlebihan.

• Sisihkan tabungan
Menabung sangat penting untuk kelangsungan hidup berkeluarga. Anda tentu tidak mau jika suatu saat keluarga harus kalang kabut mencari dana talangan untuk keadaan darurat. Biasakan menabung di awal bulan saat Anda mendapatkan uang bulanan dari suami.

Leave a Reply