image-20150422-1858-1oszuku

Berhati -Hati Terkena Penyakit Melanoma Kulit Langka

GeneraL

Terjadinya kulit melanoma dikaitkan dengan sinar ultraviolet pada kulit anda .Jadi kalau misalnya sering terpapar di usia anak-anak atau remaja, maka kanker akan muncul beberapa tahun kemudian.

Selain itu, melanoma juga bisa diturunkan lewat genetika. Jadi kalau ada keluarga dekat yang punya sejarah terkena melanoma, maka ada kemungkinan kita juga bisa terserang penyakit yang sama.

Kanker kulit melanoma merupakan jenis kanker yang berkembang pada melanosit, yakni sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan.

Melanoma tergolong sebagai jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya.Dan seringnya, diawali dengan munculnya tahi lalat.

Penyebab

Sinar matahari merupakan sumber utama ultraviolet yang bisa berdampak negatif pada kulit.Jika kulit kita terlalu sering terpapar sinar ultraviolet (UVA dan UVB) maka kulit kita jadi berpotensi lebih tinggi untuk terserang kanker kulit termasuk melanoma.

Sinar ultraviolet bisa merusak DNA pada sel-sel kulit.Perusakan sel ini, seringkali memengaruhi gen tertentu yang mengontrol pertumbuhan dan pemisahan sel kulit.

Belum jelas kapan perusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet akan bisa terlihat.adang ada yang membutuhkan waktu cukup lama sebelum kanker tersebut muncul.

Gejala

Umumnya, melanoma diawali ditandai dengan munculnya tahi lalat baru atau ketika terjadi perubahan pada tahi lalat yang lama.Jika tahi lalat normal hanya memiliki satu warna tetap, bentuknya bulat atau oval dan memiliki diameter kurang dari 6 mm.

Tahi lalat melanoma memiliki ciri-ciri yang cukup berbeda, yakni punya lebih dari satu warna, bentuk tidak beraturan, diameter lebih dari 6 mm, dan terasa gatal bahkan sampai menimbulkan pendarahan.

(CancerOrg)
Melanoma bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, tapi paling sering muncul di bagian tubuh sepetri tangan, wajah, punggung, dan kaki.

Leave a Reply