kampung bali garut

Uniknya Wisata Kampung Bali di Garut

Tavel

Anda tak perlu jauh jauh ke pulau Dewata jika ingin melihat kebudayaan Bali.  Wisata kampung Bali yang ada di daerah Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Garut ini bisa dijadikan alternatif lain untuk merasakan nuansa perumahan Bali yang hampir serupa dengan asli. Pasulukan Loka Gandasasmita atau yang lebih dikenal sebagai kampung Bali khas Garut memang sengaja di desain dengan nuansa pulau dewata. Pemilik Objek wisata, H.Derajat Hadiningrat mengatakan bahwa ia tak pernah menamai tempat wisatanya sebagai Kampung Bali namun para pengunjunglah yang menamainya demikian. Menurutnya, meskipun berkonsep “kampung Bali” nyatanya digelar pagelaran kesenian tradisional Sunda di sana. Hal ini dimaksudkan untuk memberi sentuhan dari Kampung Bali tersebut.

Si pemilik tempat wisata mengatakan bahwa selain menyuguhkan keindahan desain yang serupa bangunan keraton, wisata kampung Bali Garut ini juga memiliki ribuan koleksi benda pusaka yang ditempatkan di satu ruangan musium. Selain bisa mengenal lebih dekat kebudayaan Bali dan Garut yang melebur di satu tempat. Pengunjung juga bisa menikmati lingkungan alam yang tersaji di sana. Anda bisa duduk duduk di Gazebo sambil ditemani hijaunya pepohonan dan sungai Cimanuk yang meliuk.

Pengelola wisata Garut Kampung Bali mengatakan bahwa selain wisata, tempat ini juga bisa di pergunakan sebagai tempat edukasi sejarah dan budaya. Hal ini dikarenakan adanya musim benda pusaka yang dikumpulkan dari pelosok nusantara ada di sana. Ada juga patung Prabu Siliwangi Asli buatan orang Cibatu yang usianya sudah ratusan tahun.  DI sini pihak pengelola menyediakan jasa pemandu untuk menjelaskan tentang sejarah pusaka yang ada secara akademis. Hal ini dimaksudkan agar paradigma masyarakat yang mengganggap benda pusaka adalah sesuatu mistis bisa bergeser. Nyatanya, pusaka peninggalan nenek moyang tak melulu berhubungan dengan hal supernatural namun ada nilai filosopis yang bisa dijadikan acuan sejarah nantinya.

Wisata Kampung Bali sendiri sudah berdiri sejak 2007 dan tiga tahun terakhir baru diperuntukan sebagai objek wisata edukatif di daerah Garut. Anda tinggal mengambil arah  menuju pasar Cibatu untuk menuju tempat wisata ini. Jika datang melalui daerah Garut, ambil arah terminal Guntur sekitar 30-45 menit harga. Sesampainya di sana, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20,000,- saja. Harga tersebut tidak termasuk jasa pemandu wisata. Berwisata ke daerah Kampung Bali pastinya akan menambah wawasan serta pengalaman anda tentang keragaman budaya nusantara. Selain berekreaksi, anda juga bisa menanamkan rasa cinta pada ibu pertiwi lewat pengenalan benda sejarah dan kebudayaan bangsa yang ada di tempat ini.

Sekitar 20 patung bersejarah, lebih dari 1.000 benda pusaka dan aneka peninggalan bersejarah dariwali songo, masih tersimpan di tempat wisata Kampung Bali ini secara lengkap dan asli tentunya. Pihak pengelola memastikan tersebut lewat  sertifikat. Sampai saat inni, baru 4 hektar yang bisa digunakan dari total keseluruhan sebesar 30 hektar. Pihak pengelola menginginkan untuk menanam lebih banyak pohon demi mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah. Menurut pihak pengelolah, wisata Kampung Bali garut ini tak pernah sepi. Banyak  pengunjung yang dari luar Garut dan luar negeri. Tercatat, sudahlebih dari 15 wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi tempat ini. Ada beragam jenis paket yang ditawarkan untuk mengunjungi tempat ini dan dijamin tak akan menguras kocek anda. Anda bisa menghubungi pihak pengelola untuk informasi lebih lanjut. Jadi, tunggu apalagi Booking sekarang juga sebelum kehabisan. Sumber: pesonagarut

Leave a Reply